TIPS NULIS ESSAY KGSP/GKS ALA ELFINA :D

HULAAAA~!
setelah satu abad vakum dari dunia tulis menulis, aku memutuskan buat kembali lagi dengan hal (yang semoga) bermanfaat buat teman teman sekalian! kali ini aku mau sharing gimana cara buat essay personal statement atau study plan ala aku! huihihi.

banyak dari temen temen yang DM aku untuk nanya tips gimana cara buat essay yg benar. sebagian aku kasih tips, sebagian lagi aku anggurin karena udah capek ngetik. huhuhu maafin aku teman teman ga bisa balas semua :(
makanya supaya adil, aku mau rangkum disini aja yaaa.
#skip intro yg udah kepanjangan.


langsung aja,
tips pertama adalahhh : buat essay kamu jauh hari sebelum pendaftaran dibuka!
biasanya, pertanyaan yang ada di KGSP adalah pertanyaan yang sama tiap tahun. nah, kamu bisa mulai dari sebulan atau dua bulan sebelumnya. kenapa? karena saat kita buat essay, trik ku adalah diemin essayku sekitar 2 minggu dulu baru setelahnya aku baca lagi untuk check grammar, spelling, atau kata kata yang mestinya aku ganti. apa kalian pernah nemuin diary lama kalian dan setelah kalian baca lagi kalian merasa geli sendiri? hahaha. kira kira seperti ituu. akan banyak hal salah yang bakal terlihat di mata kita saat kita baca esay kita lagiii.

tips kedua : jadilah dirimu sendiri!
banyak orang yang buat essay untuk menjadi orang lain. tapi memang begitu kenyataan di lapangan :(
aku selalu mengibaratkan essay sebagai suatu sarana untuk menceritakan diri kita kepada pembaca. itu gunanya sih, hehe. jadi, kamu gak perlu menjadi seseorang yang tidak punya salah, sempurna, dan punya segudang achievement tanpa cacat cela. memang itu adalah poin plus, tapi saat kamu bercerita, be the real you! cause the admissions officer wants you to be yourself. kamu punya kekurangan? no problem. that's because we're all human. coba menulis tentang kekurangan kamu dan apa yang membuat kekurangan itu justru jadi nilai tambah untuk kamu :)

tips ketiga : punya Introduction yang menarik!
di tips kedua aku bilang soal "bercerita". beberapa orang memulai dengan menyebut nama mereka di essay. atau mengulang pertanyaan yg sudah diajukan dalam format essay. saat aku menulis format essay, aku menulis di paragraf pertama dengan kata "aku jatuh cinta."karena menurutku itu lebih mendapat perhatian daripada hanya dengan memperkenalkan nama. a good start is a good sign, right?

tips keempat : dapetin feedback! jangan terlalu banyak orang, jangan tidak sama sekali.
why this matters? ga selamanya kita adalah orang yang paling benar XD
novelis terkenal pun punya editor kan?
tapi satu atau dua orang cukup kok. you don't need too much comment and editor in your life too, right? terlalu banyak orang akan buat kamu kehilangan fokus dan kehilangan "gaya penulisan kamu" dan essay kamu jadi terdengar nggak seperti dirimu sendiri :(

tips kelima : jangan berlebihan/ oversharing.
walaupun kamu menceritakan tentang dirimu sendiri, tentu ada batasan batasan yang perlu kamu jaga. beberapa orang menceritakan tentang diri mereka seolah-olah itu adalah sebuah "pengakuan" dalam essay. sebagai contoh: "aku pernah prank guru aku", "aku ingin bunuh diri" dll sebagainya. kenapa? karena ini riskan menurutku. coba kamu tanyakan sama diri kamu sendiri, apa kamu mau merekrut seseorang yang punya chance untuk bunuh diri di tengah studi dan sia siakan beasiswa yang udah dia dapat? tentu nggak kan? beberapa essay mungkin bisa menyentuh dan jadi essay yang bagus dengan pendekatan cerita yang baik. tapi jika kamu belum mempunyai pengalaman yang cukup tentang itu, play safe is not a bad idea too!

last but not least, jangan lupa selalu berdoa. teman teman semua sudah melakukan yang terbaik! dan kalian harus bangga dengan hal itu ^^

oke deh, segini aja dulu tentang tips buat essay ala aku ya! semua orang bebas berpendapat dan tentu aja aku bukan orang yang ahli dalam bidang tulis menulis essay. boleh kasih masukan di kolom komentar, atau silahkan DM di instagram aku tentang apa yg mau kamu saranin buat aku tulis di postingan selanjutnya yaaa! instagram aku bisa dicari di pencarian "elfinarira". makasih banyak untuk semua yang selalu menyemangati dan menunggu postingan blog aku! :D
hope this helpss!
have a great day fellas!

sumber foto : pinterest.com

Komentar

  1. hi kak, apa boleh minta email kakak?? aku mau tanya2 lagi lebih dalam tentang kgsp, makasih ka sebelumnya

    BalasHapus
  2. Annyonghaseyo, Kak!
    Kak, untuk persyaratannya itu persyaratan tetapnya apa aja? Supaya bisa siapin dari jauh2 hari gtu. Insya allah 2022 mau apply GKS 😆
    Makasih kak. 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, bisa diliat di guidelines yaa. kamu bisa masuk ke websti niied, dan download guidelinenya disana lengkap ^^

      Hapus
  3. Kak, daftar kgsp harus banget bisa bahasa Inggris? Klo bahasa Inggris kita cuma setengahnya aja, apa bisa keterima?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk bahasa inggris sendiri, karena nilai TOEFL adalah opsional ga harus advance sekali kok. tapi sebelum keberangkatan ada baiknya mempelajari bahasa inggris karena bahasa inggris adalah aset utama kamu dan nilai plus juga untuk buat essay kamu semakin menarik. untuk berkomunikasi sama teman yg lain kita butuh bahasa kan? :)

      Hapus
  4. Hai kak aku mau tanya kan aku angkatan 2020 jadi raport aku bentukannya kayak banyak gitu mendeskripsikan nilai kita itu gimana ya kak menyederhanakan nya?
    Mudah mudahan dijawab ya kak

    BalasHapus
  5. Thankyou kak, aku jadi sadar essay ku masih kurang bagus dan perlu di improve 😁

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer