KGSP University Track dan Pengalaman Mencari Kuliah (Part I)








Hai Hai!!

apa kabar semua???
jadi banyak yang nanyain soal KGSP dan request soal pengalaman univ track.
sebenernya yah aku rada bingung nyeritainnya gimana karena ya selama perjalananku apply ini, prosedurnya berjalan dengan... normal (?)  dan ngeliat namaku di daftar orang orang yang lulus haha.
tapi yah, aku bakal coba share ceritaku sebaik mungkin dan bagi ke kalian semua :D *karena terlalu malas untuk ceritain hal yang sama berulang ulang hahahaha 

so, harus dimulai darimana?
*warning : bakal panjang banget kayak drama tukang bubur tv sebelah. thank you!*

hm, cerita pertama itu bermula dari aku yang sedang cari info info beasiswa di internet untuk bisa sekolah perguruan tinggi. sebelumnya, aku udah tertarik sama beasiswa pemerintah Jepang yang bernama MEXT. oh ya, aku itu lulus SMA tahun 2015 :D (eh tapi aku masih muda kok *pamer) tapi karena belum rejeki, aku ga lolos beasiswanya huaaa :"(
*btw aku ga lolos beasiswanya dua kali jadi sakitnya dobel kan

setelah meraung raung *engga sih sebenernya* aku coba daftar sbmptn dan ambil jurusan arsitek karena ga lolos snmptn, hiks. but guess what? aku.... ga lolos.
yak fine. ini antara akunya yang kelewat oon atau kampusnya ga deserve aku berada disana ya.
(kayaknya karena mereka ga deserve gue disana karena gue kelewatan oon sih ini).
anyhow, perjalanan mencari kuliah dengan jurusan yang aku mau ga berhenti disitu. setelah berkelana mencari kampus dan mendaki gunung menuruni lembah  aku akhirnya masuk ke perguruan tinggi di swasta di surabaya dan jakarta.
loh? kok dua?

iya kayak sar*mi isi 2 kan. bukan itu. karena pts di surabaya gak sreg sama hatiku yang baik dan tidak sombong aku langsung pesen tiket ke Jakarta dan diterima di salah satu pts dengan jurusan arsitek. tapi karena satu dan lain hal, aku putusin untuk pergi dari situ dan pulang ke kota asal.
loh, kok pulang? jujur aja, pts sebenernya ga ada beda jauh sama negeri kalau mau belajar. cuma ya itu, banyak hal yang gue pikirin salah satunya biaya dan memutuskan untuk pulang gitu aja. *btw, gue udah dapet almamater buat kedua kampus itu hahaha.

"terus gimana? ga kuliah dong gue?"

kuliah lah. akhirnya aku kuliah di salah satu pts di kota ku dengan jurusan Teknik Metalurgi dan Material. kuliah disana 4 semester dan there's something missing. gue ga rajin. lebih suka kalo ga ada pelajaran dan dosen ga masuk jadi bisa santai di rumah daripada diem di perpus. dan gue sadar ada yang salah. harusnya gue kesini dapet ilmu, belajar kayak mahasiswa lainnya. harusnya, gue kejar dosen, belajar apa yang gue mau dan gali ilmu tentang itu. tapi engga. gue engga tau esensi gue kuliah disana itu ngapain. mau gelar sarjana teknik? buat apa kalau ilmunya ga dipake? buat apa kalau ga belajar sama sekali?

*sempat daftar beasiswa bidikmisi ISI jogja juga untuk desain dan ga keterima (lagi) di seleksi dokumen. nasib.
dan disaat itu aku berdoa, "Tuhan, kalau aku ga lolos beasiswa lagi tahun ini aku bakal berhenti cari beasiswa dan bakal terima kuliah di jurusan ini dan bakal belajar yang rajin"

dan Tuhan menjawab dengan KGSP.



 

awalnya jujur ga harapin sama sekali bakal lolos 1st round dan nemuin nama di list orang orang yang lolos kgsp ini. but, who knows? percaya Tuhan. selalu!

pendaftaran aplikasi kgsp gue dilewati dengan banyak drama. Mulai dari ngadepin bapak bapak camat yang susah dimintain tandatangan, surat rekomendasi yang udah kepepet deadline, bolak balik ke SMA asal dan buat bapak penjaganya sampe males liat muka gue, muter muter ngerjain berkas, sampe begadang tiap malem cari tips membuat essay yang baik dan benar (karena jujur, ini essay pertama gue yang gue bikin secara serius buat apply univ). akhirnya aku selesein berkas dengan amat sangat kepepet deadline dan kirim lewat pos indonesia, berharap mereka kirim berkas gue pake pintu kemana saja. which is, ga mungkin sih ya.
tapiiii, mereka beneran kirim dengan sangat cepat sekitar 4 hari dan dokumen selamat sampai Daegu tepat waktu! Pos Indonesia, aku cinta padamuuu *pelukcium*

setelah beberapa minggu, aku belum juga dapat pemberitahuan apa aku lolos ke tahap wawancara atau enggak. agak harap harap cemas sih karena yang lain udah dapet panggilan dan aku belom dapet :((
yah, aku menyibukkan diri dengan : buat keripik.
iya keripik.

kali aja kalo gelar sarjana ga di tangan, aku bisa punya usaha keripik dengan omset 1 milyar. *berusaha positif*
ini sebenernya tugas pkm kampus tentang wirausaha gitu sih. ya kali aja menang yekan. hahaha.
tapi disaat gue menyibukkan diri dengan memotong wortel, satu email masuk ke inbox. isinya :

" Thank You for applying Global Scholarship program. I've checked your documents and we will have an Interview with 3 different professors...... bla bla"

dan reaksi pertama gue : "hah?"

"hah?!"

"Wah!"

3 kata yang punya arti yang dalam.

"mak, aku lolos seleksi dokumen dan bakal di interview!" bener bener suatu kejutan di siang bolong. gue harap gue gak lagi mimpi saat itu. gue pulang, belajar cara interview di internet, dan ngabisin waktu seharian di rumah berdoa, bersyukur. Tuhan maha baik. tapi masih banyak proses yang harus dilewatin, karena itu cerita sebenernya baru bakalan dimulai. (terus daritadi itu nggak cerita, itu cuma intro doang. maafkan daku ya gaes)






Komentar

  1. Padahal baca udah excited bakaln panjang, lah baru baca udah abis kak hehe. Wkwk
    Btw ceritain pas interview dong kak di tlpn dr univ langsung lewat apa dan pas mau interview dijadwalin atau dadakan tlpn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku interview lewat telfon ada di part selanjutnyaaa hihi

      Hapus
  2. Btw thankkk u kak, sgt berfaedah ditunggu part selanjtnya

    BalasHapus
  3. Berarti kakak mah bukan orang oon, kalo bisa apply beasiswa ke Korea pasti pake bahasa Inggris, nah gue pengen banget apply ini beasiswa tapi bahasa Inggris pas2an, bahasa Korea minim #curhat #abaikan #janganabaikan
    Salam kenal kak

    BalasHapus
  4. Berarti kakak mah bukan orang oon, kalo bisa apply beasiswa ke Korea pasti pake bahasa Inggris, nah gue pengen banget apply ini beasiswa tapi bahasa Inggris pas2an, bahasa Korea minim #curhat #abaikan #janganabaikan
    Salam kenal kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha semua orang punya kelebihan kok~ semangattt~!

      Hapus
  5. maaf ya, kak. gue ketawa baca setiap kalimat demi kalimat. suka cara penyampaian yang menghibur ini HAHAHAHA.

    nice post kak. sukses di Korea yaa <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih banyak yaa! i'm really happy if i could do something helpful in a nice way :D

      Hapus
  6. ka , kaka beasiswa direct langsung ke univnya gmana caranya? bukannya kita cuma kasih berkas kita ke kedubes? apa gmana si ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, maaf baru balas ya. itu jalur univ track. kalau ke kedubes ya pake jaur kedubes :)
      lewat univ track itu kamu kirimnya ke univ nya langsung dan pihak univ yg bakal seleksi. hope this helps!

      Hapus
  7. Hai kak, aku jane. Kak aku mau tanya. Jadi kalau mau univ. Track dokumen2 kita nya langsung ke univnyakan, kalau kedubes kan kirimnya ke kedubes jakarta. Dan, kak kalau aku bisa bahasa korea jadi ESSAI ku, study planet dll pkk b. Korea, tapi jika dokumen seperti surat rekomendasi, KK atau lainnya pkk bahasa inggris. Itu boleh nggak???

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, mbb ya! yup. bisa kok dokumennya berbahasa inggris dan study plannya bahasa korea. malah menurutku bisa jadi nilai plus buat kamu. selamat mencoba! ^^

      Hapus
    2. Ka elfi. Inshaallah aku ikut kgsp september tahun ini. Tp aku lewat university track ka. Apa deadline nya sama kaya via kedubes atau tergantung universitasnya ka?

      Hapus
    3. Mohon bantuannya ka elfi :)

      Hapus
    4. @Adella pangestu untuk deadline univ beda-beda. bisa yanya via email ke pihak univ yang bersangkutan :)

      Hapus
  8. Haii kak. Kak boleh ga dijelasin satu2 tentang apa aja dokumen yang dibutuhin trus formnya itu ada dimana ya kak kok setiap aku klik pasti munculnya ke website kgsp cuma disitu ga nunjukin dimana letak formulirnya (mungkin aku kurang teliti liatnya hehe) trus sama tips bikin essay yang bagus kak. Makasih banyak kak sebelumnyaa :D

    BalasHapus
  9. Kak, bisa minta emailnya buat tanya-tanya tentang kgsp

    BalasHapus
  10. halooo
    saya mau tanya dong tentang uni track
    apa univ yg bisa kita apply buat jalur embassy itu sama dengan buat yg jalur univ tracks?

    dan pengumuman deadline nya utk univ track bisa dilihat dimana ya?

    I'll be glad to hear from you soon, aku mau daftarin adik buat KGSP ini jadi kejar kejaran sama deadline yg aku sendiri gatau kapan.

    Thank you!!

    BalasHapus
  11. Hallo kak, aku mau nanya.. Untuk surat rekomendasi harus diketik kah? Soalnya kan minta dari guru, boleh tulis tangan dong, kak? Makasih🙏

    BalasHapus
  12. Jika boleh tau, keterima di univ apa ya kak? Saya ingin memikirkan peluang agar diterima di univ di korea, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, aku keterima di Yeungjin College :)

      Hapus
  13. salam kenal, kak. saya mau tanya kalau lewat university nya apakah harus komunikasi dulu sama profesor nya? terus kalau saya punya sertifikat TOPIK level 3 itu bisa dipakai kan? terima kasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak harus. Bisa langsung tanya tanya ke bagian international office yg ada di file university info kalau ada yg mau ditanyakan. Boleh. Malah bagus banget kalau udah punya TOPIK 😊

      Hapus
  14. Kak fina seangkatan sama kak delna ?

    BalasHapus
  15. lucu banget kak ceritanya :v aku senyum senyum bacanya. gak garing. jadi rame gtu kya dangdutan. hehehe

    BalasHapus
  16. Kak kalau via university kita kirim dokumen kita ke alamat universitas nya langsung yah? Kalau boleh tau kak tanggal pengiriman tiap universitas berbeda-beda yah???

    BalasHapus
  17. Kak kalau via university kita kirim dokumen kita ke alamat universitas nya langsung yah? Kalau boleh tau kak tanggal pengiriman tiap universitas berbeda-beda yah???

    BalasHapus
  18. kak kalo via univ boleh pilih 3 major yah kak?

    BalasHapus
  19. Ka kalo lewat jalur university itu kita menghubungi universitas lewat email duku atau langsung send berkas2 ke universitas yg dituju?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung kirim juga boleh asal ga melewati deadline ^^

      Hapus
  20. Ka aku mau nanya buat map berkas nya kek gmna y k?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Map berkas aku map berkas coklat biasa (beli aja yg paling bagus) dan ditulis KGSP 2017 di amplopnya :)

      Hapus
  21. Ka aku mau nanya klo berkas yang copy nya di satuin sama yg original atau bagaimana k?

    BalasHapus
  22. Kak mau nanya kalau misal kita udah kuliah, minta surat recom ke kampus kah?

    BalasHapus
  23. Halo kak salam kenal aku nana.. mo nanya waktu kk ngirim berkas ke yeungjin ada tambahan berkas "form dormitory and pledge" yg diminta gk? Soale thun ini ada berkas itu di guidline nya? Kalo iya kk mintany formatny dmna? Oiya dlu pos pke layanan yg mna kak? Buat saran aku jg mau pke pos:)) makasi kak lancar terus aktivitas ny disana^^

    BalasHapus
  24. Kak Boleh minta alamat emailnya atau nama IG nya apa ,mau tanya" nieh kak

    BalasHapus
  25. Untuk univ swasta juga bisa apply kgsp kak?

    BalasHapus
  26. Kak kalo boleh tau ngambil jurusan apa? Ipa/ips?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer